Gula Aren Asli Cibaliung Pandeglang Banten

Siapa yang tidak perlu gula dalam keseharian kita? Tentu setiap orang perlu gula. Masak pasti pake gula, kopi pake gula, apa yang tidak pakai gula. 



Gula Aren Asal Dan Asli Cibaliung Pandeglang

Gula aren bukan gula biasa yang berwarna putih, tetapi coklat yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

Cibaliung merupakan salah satu daerah produksi gula aren. Tak heran banyak yang tahu dan banyak yang  dibawakan Gula Aren kalau ada yang berbicara asal daerah Cibaliung.

Gula aren menjadi Ikon orang Cibaliung, karena gula aren dari Cibaliung ini sangat berbeda dari daerah manapun. Gula aren asal Cibaliung memiliki manis yang pas bagi para penikmat dan pengguna gula. 


Proses Pembuatan Gula Aren

Gula aren diproduksi dari air nira, dan air nira didapatkan dari pohon yang tumbuh selama 10 tahun lamanya. Air nira ini nanti akan dididihkan dengan Api yang menggunakan kayu bakar dan juga tungku api. Penggunaan kayu bakar ini bisa berpengaruh pada nira yang nantinya menjadi Gula aren yang berwarna coklat.

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat gula aren itu kurang lebih 6 jam dan api harus tetap menyala sehingga banyak kayu yang digunakan. Cukup melelahkan dalam proses pembuatannya. Bukan waktu yang sebentar dalam proses pembuatannya, membutuhkan waktu yang lama, kesabaran dan ketelatenan. 


Harga Gula Aren Yang Dipasarkan

Gula Aren asli Cibaliung Pandeglang ini dihargai pada harga 15.000 atau 18.000. Harga tersebut sangat murah dan tidak bisa ditawar kembali. Dengan peminat gula aren yang tinggi tetapi produksi rendah menjadikan gula ini pada harga tersebut. 

Gula aren ini sangat spesial, tidak banyak orang yang bisa menjual atau membeli ke sembarangan orang, hanya kepada orang terdekat dan bisa dipercaya.

Baiklah itu informasi yang bisa saya berikan, jadi Gula Aren itu memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh kita.

Wisata Cibaliung
Mengenalkan Budaya Indonesia dan Lokal | Berbagi Informasi Tentang Wisata

Related Posts

Posting Komentar