Papua Dan Tentang Indonesia - Seni Untuk Indonesia

Saat ini mengenal Indonesia seakan menjadi problematika yang patut ditanyakan. Apakah Indonesia hanya sekedar negara saja atau menjadi negara yang ditambahkan dengan kata cinta. Dan apakah kita sudah kenal dengan Indonesia.

https://www.instagram.com/seni.untuk.indonesia


Kali ini wisata cibaliung akan mengenalkan dan mengajak kepada kawan-kawan tentang kebudayaan. Mungkin, saat ini budaya selalu menjadi yang tidak menarik untuk diperlihatkan. Kali ini kita akan mengulas papua meskipun banyak suku yang perlu kita ketahui.

Tahukah Kamu? 
Papua dalam wilayah pemerintahanrepublik indonesia terbagi kedalam dua provinsi. Provinsi Papua dan provinsi Papua Barat.
Ibukota Papua adalah jayapura dan Manokwari pada masing-masing provinsi di Papua, Kota terbesar adalah Jayapura dan kota tertinggi adalah kabupaten puncak jaya karena memimiliki puncak tertinggi di indonesia yaitu puncak jaya. 

provinsi papua barat resmi dijadikan provinsi konservasi pertama di dunia untuk melindungi ekosistem laut dan darat yang diketahui sebagai ekosistem paling utuh yang tersisa di Indonesia. Papua memiliki segudang kekyaan alam dan papua pun memiliki hewan endemik yang berada di papua itu sendiri. 

Suku-Suku Di Papua
Banyak suku yang berdiri di Papua menjadikan papua sebagai daya tarik sendiri. Terdapat 25 suku bangsa dengan pola kepercayaan yang berbeda, mata pencaharian serta karakteristik budaya yang berbeda pula. 
https://www.instagram.com/seni.untuk.indonesia


Suku Asmat
suku terbesar dan umumnya dikenal dari papua ini terkenal hingga mancanegara dengan hasil ukiran kayu unik. seni ukir kayu ini sebagai perwujudan dari cara serta ritual untuk mengenang arwah leluhur. selain tradisi mengenai leluhur suku asmat ini percaya terhadap roh dan alam yang dipercayai sebagai titisan dewa di Bumi Papua. 

Suku Sentani
Suku yang berdiam di sentani ini memiliki populasi sebanyak 300.000 jiwa dan memiliki 3 wilayah geografis dan berkelompok. Kelompok barat berdiam di papua Yonokom, kelompok timur di Pulau Asei dan Kelompok tengah di pulau Ifar. 


Tradisi dan Budaya Papua
Tradisi dan budaya tidak akan terlepas di setiap daerah di Indonesia tertama Papua. Banyak keragaman budaya dan tradisi yang menghiasi tanah papua. Amat sangat banyak Inspirasi yang dapat diambil dari kreatifitas maupun dari aktivitas yang mulai bergeser. 

https://www.instagram.com/seni.untuk.indonesia


Tifa dan Fuu
Tifa merupakan alat musik khas papua yang menyerupai gendang dan terbuat dari kayu yang di lubangi di tengahnya. kayu ini merupakan kayu lenggua khas papua yang dikenal sangat kuat dan berkualitas tinggi dan ornamen yang terdapat pada tifa merupakan hal-hal seputar kehidupan dan ungkapan rasa syukur pembuat Tifa.

https://www.instagram.com/seni.untuk.indonesia



Fuu juga merupakan alat musik yang memiliki fungsi sebagai pemanggil penduduk untuk mengiringi tarian-tarian khususnya suku asmat, kabupaten merauke. 
Wisata Cibaliung
Mengenalkan Budaya Indonesia dan Lokal | Berbagi Informasi Tentang Wisata

Related Posts

Post a Comment