Tarian Lesung Sambutan Kebahagian Menyambut Hasil Panen Tani

Banten merupakan Daerah yang eksotis memiliki  ragam kebudayaan, mulai dari Kampung Baduy Jero, Bahasa, Adat dan juga Kesenian. Meskipun Banten termasuk masih muda tidak diragukan lagi memiliki kesenian dan kebudayaan yang luar biasa. Salah satu yang cukup dikenal adalah tarian Bendrong Lesung. 



Mayoritas masyarakat Banten mencari mata pencaharian sebagai petani dan yang paling membahagiakan bagi para petani adalah saat panen. Ada keunikan dalam merayakan kebahagiaan petani dengan melakukan adat istiadat secara turun temurun, yaitu berupa Tarian Bendrong Lesung atau disebut dengan Tarian Gondang Lesung.

Tarian yang di mainkan 6 orang ini melakukan benturan kayu dengan Gondang atau Lisung (Lesung) yang kemudian menciptakan lantunan pukulan suara yang unik dihasilkan dari pukulan tersebut yang mampu menggugahkan kebahagiaan atau rasa riang bagi pendengar maupun pemain.


Asal Usul Tarian Gondang (Lesung) 

Tarian Gondang atau Lesung ini berawal ketidak sengajaan petani dalam melepaskan kulit padi secara beramai ramai sehingga tanpa sengaja memiliki suara unik dan khas di dengar sehingga dilanjutkan menjadi alunan musik dan nada yang luar biasa.

Tarian Gondang ini bisa dinikmati hampir di seluruh tempat. Dari tarian Gondang ini bisa di maknai dengan kekompakan dan kerjasama antar sesama manusia. Karena seutuhnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak terlepas dari saling membutuhkan satu sama lainnya. 

Pada dasarnya fungsi dari lisung adalah untuk menghancurkan pada, karena jaman dahulu tidak ada alat seperti mesin yang bisa digunakan pada saat ini.

Biasanya saat suatu daerah mengadakan tarian gondang ini sebagai ungkapan kebahagiaan para petani dalam menyambut panen padi yang semangat untuk siap dalam bersuka cita menanam padi. Dahulu itu tidak jauh dari kesenagajaan dan betul yang pada akhirnya melahirkan alunan nada yang membuat para petani semangat.

Jika teman-teman main ke kampung pasti dalam suatu perkampungan dengan suara alunan akan membuat mereka semangat. Karena pada dasarnya mereka senang menari. Jangan lupa jika ini menarik bagi anda untuk berwisata dan berkunjung untuk mengetahui budaya di Banten. Ini lah salah satu aset wisata berharga dengan ranah sosialnya. Tiap daerah berbeda-beda dalam perayaannya dan tidak selalu sama.

Jangan lupa share dan berkunjung kembali. Terimakasih semangat berkunjung kembali ke wisata Cbaliung !!


 

Wisata Cibaliung
Mengenalkan Budaya Indonesia dan Lokal | Berbagi Informasi Tentang Wisata

Related Posts

Post a Comment